Friday 5 December 2014

Mengenal dan Merintis Bisnis Online



MENGENAL DAN MERINTIS BISNIS ONLINE

Mengenal Dan Merintis Bisnis Online -Bisnis online adalah bisnis yang mudah dan indah dan dapat dilakukan oleh siapapun, tidak memerlukan kios atau toko di dunia nyata, kita bisa berbisnis online. Apalagi mengingat jaman sekarang, dukungan terhadap bisnis online sangat tinggi., karena jaringan jaringan internet sudah merambah bahkan sampai ke pelosok desa. Bisnis Online juga tdak membutuhkan ijazah khusus atau ketrampilan khusus, namun memang butuh kesabaran dan keuletan, ITU KUNCI UTAMA.
Untuk berbisnis online kita bisa menggunakan komputer, laptop,netbook atau perangkat elektronik lainnya bahkan Smartphone atau Tablet yang harganya sangat terjangkau. Apalagi ditengah maraknya hp dan tablet buatan Cina yang harganya lebih murah. Pendek kata, infrastruktur, sarana dan prasarana sudah banyak mendukung jenis bisnis di dunia maya ini, kita tinggal memanfaatkan dan menggunakannya dengan cerdas untuk berbisnis online.

Maukah kita berbisnis online?
Bisnis online itu memang sangat mudah. Karena sarana dan prasarana maupun infrastruktur di Negara kita sudah mendukung bisnis online sekarang. Kita tinggal menggunakan  dan memanfaatkan sekreatif dan secerdas mungkin. Kita jangan pernah berpikir bisnis online itu sulit, karena bisa menjadi benar benar sulit, karena ternyata  tidak sesulit yang kita bayangkan.


Mari Kita Mulai Bisnis Online :
1.      Pastikan kita terhubung ke koneksi internet dengan cara dipaketkan. Karena cara ini lebih menghemat keuangan kita. Misalnya paket internet bulanan dengan kuota tertentu. Bisnis online memang memerlukan modal keuangan minimal pulsa internet, tetapi tidak semahal berbisnis offline yang harus sewa toko, bayar listrik, dan lain lain.

2.      Menentukan jenis bisnis online. Dalam memulai usaha harus jelas jenis usaha apa yang dipilih. Pada dasarnya banyak model bisnis online di internet seperti publisher google adsense, affiliasi, jual jasa, jual produk fisik, jual ebook, sewa iklan, PTC dan lain lain. Pilihlah mau murni bisnis online? Ataukah campuran antara bisnis online dan offline? Itu terserah kita. Kita bisa memilih salah satu jenis usaha yang sesuai minat dan bakat serta kecocokan kita. Setelah itu, carilah kompetitor kita di google. Pelajari situs usaha mereka. Dan pastikan usaha kita bisa lebih baik dari mereka

3.      Tentukan nama brand yang bagus dan mudah diingat serta sesuai identitas usaha. Karena bisnis offline dan online memerlukan nama brand untuk membedakan usaha kita dengan kompetitor. Nama brand menjadi salah satu alat marketing yang mumpuni. Kemudian daftarkan nama brand usaha kita beserta alamat lengkapnya di  Google Busines Places. Dengan demikian, situs dan nama brand usaha kita akan tercantum di google maps yang dapat disaksikan oleh orang di seluruh dunia.

4.    Membuat Blog atau website untuk bisnis online kita. Kita bisa membuat blog atau website yang gratisan maupun berbayar. Kalau cukup dana, bisa membuat blog/website yang berbayar  agar kelihatan profesional, terpercaya dan mudah diindexs mesin pencarian. Adapun jika kita belum memiliki dana, tidak salahnya menggunakan  Blog gratisan seperti blogger. Di blog/website, kita tampilkan profil usaha kita beserta produk produk yang kita jual. Sebaiknya di blog/website dicantumkan pula artikel tips tips mengenai tema usaha yang sama dengan bisnis kita.

5.      Mempromosikan bisnis atau usaha online kita ke situs media sosial atau situs jual beli online. Langkah ini gratis dijalankan dan sangat efektif mendatangkan konsumen. Contohnya, facebook, twiter, kaskus, olx,berniaga dan lain lain. Kita pun bisa membuat fans page.

Demikianlah tips tulisan mengenai Merintis Bisnis Online Selanjutnya kita membutuhkan kreatifitas dan keuletan dalam usaha kita agar bisa sukses di bisnis online. Semoga Sukses!

No comments:

Post a Comment